Kenapa Gue Pake Linux?

 Sehubungan banyaknya temen gue yang nanya "knapa sih lu pake Linux? padahalkan Linux kan susah" maka dibuatlah postingan ini. Semoga temen-temen gue yg baca jadi ngerti. Hahahaha

1. Karena gue mahasiswa informatika.
Sebenernya gue pake Linux tuh udah dari SMA sih, tp awalnya emang karena udah jengkel sama yang namanya virus makanya pake Linux, tp pas udah kuliah gue mikir-mikir lagi knapa pake Linux. Sebagai mahasiswa informatika emang ngga dosa sih kalo pake windows, tp kita emang bisa pastiin nanti klo jadi programer atau apapun dibidang software kita bakal kerja di lingkungan operating system (OS) windows? setau gue server tuh banyaknya pake Linux, dan... baca dulu artikel ini deh biar ada pencerahan.

Selain semua alasan itu, kalo anak informatika 'gapernah' atau malah 'gakenal' sama yg namanya Linux kayaknya kurang afdol jadi mahasiswa deh :p

Emang banyak kendala klo pake Linux di lingkungan kuliah apalagi yg single boot yaitu cuma Linux doang di leptopnya atau di PC-nya. Kendalanya apa aja? dan adakah pemecahannya?
  • Pas smester awal-awal mahasiswa akan disuguhi bahasa pmograman C++ tapi dengan kompiler windows, atau hasil akhir softwarenya ber-ekstensi .exe, sebenernya bisa diakalin dengan install Borland C++ atau program sejenis dengan pake wine jadi gaterlalu lah buat masalah ini.
  • Kadang suka ada dosen yg 'agak' jadul pemikirannya, yaitu dengan 'memaksakan' menggunakan software yg dipilihmya. Contoh: ada dosen gue yg bilang "Kirim tugasnya ke email bapa dengan format .docx" secara tidak langsung itu kan mengarah pada aplikasi microsoft office word, emang bisa sih nge-save file dokumen pake ekstensi .docx di libreoffice tp hasilnya akan sedikit acak-acakan karena emang maksain. Ada lagi dosen yg bilang gini "Buat diagram context-nya pake microsoft visio, atau pake power designer, JANGAN YANG LAIN" sebenernya di Linux sendiri ada aplikasi yg sama kaya itu, namanya Dia Diagram tp si bapa udah bilang jangan pake yg lain, ya ngakalinnya pake wine lagi aja. Hahahaha
  • Trus pas smester agak tinggi, ada matakuliah multimedia, nah software yg dipake tuh adalah adobe photoshop, adobe audition, fruityloop, corel, dll. Nah loh, pake klo wine ini akan sedikit sulit, karena software-software tadi cukup komplex, klo boleh sih pake aja GIMP (pengganti photoshop), Audacity (pengganti audition), Ardour (pengganti audition), LMMS (pengganti fruityloop), Inkscape (pengganti corel) program-program pengganti tadi ada ko versi buat windowsnya, dan yg pasti opensource :)
2. Bebas dari virus.
Tadi diatas udah disinggung tentang ga ada virus di linux, ya emang ngga ada *setau gue, klo ada tambahin di komentar ok, ntar gue ralat deh* trus knapa di linux ga ada virus? baca ini. Emang udah paling pol deh jengkelnya klo leptop atau pc kita kena virus, tp sejauh ini gue pake linux, virus? udah lupa tuh. hahahaha

3. Belajar tidak membajak software.
Hampir seluruh aplikasi linux itu opensource dan gratis, walau gratis tetap software-software itu berkualitas!
Sekarang ini gue lagi nyoba ngga bajak-bajak software, ngga nge-pach, ngga nge-crack, tp ingat ya 'software' yg gue maksud, klo masalah film, video, mp3 masih blm bisa, eh tp kalo mp3 udah sedikit berusaha dengan membeli di iTunes buat band/grup/penyanyi favorit gue, klo yg indie emang suka ngasih gratisan :)

4. Menjadi berbeda.
Tiap ke mall atau hotspot area, mungkin kebanyakan tuh pake windows. Ya.. apa salahnya jadi berbeda hahaha

5. Karena gue orangnya bosenan.
Lingkungan desktop atau desktop environment linux tuh ada Gnome, Unity, KDE, LXDE, XFCE, Cinnamon, Mate, Razor-QT, Cream, dll. Sedangkan di windowskan palingan cuma nginstall transformation pack :p

Jadi pas bosen sama Gnome, ganti KDE, pas bosen KDE ada yg lain lain dan lainnya. Tp sekarang gue lagi betah sama desktop environment XFCE, soalnya ringan bgt dan full customize.

6. Problem solving bukan install ulang.
Pas dapet masalah, klo pake linux tuh enaknya ada banyak forum yg membahas linux, dan juga banyak pemecahan masalahnya. Contoh: kalo di windows komputer jadi lelet, mikirnya pasti banyak virus, dan akhirnya mikir buat install ulang, kalo di linux beda lagi, komputer jadi lelet, coba desktop environment yang light weight kaya XFCE *baca ini buat liat perbandingan antar desktop environment*

Sekian cerita gue, kali aja ada inspirasi buat migrasi ke Linux :)

Sumber: hati yg terdalam

1 komentar:

Shidqi mengatakan... [Reply to comment]

aslina gan....saya pake linux karena terbaktis oleh seseorang...hahahaha

haleluya haleluya.....kwkwkwkwkwkwk

Posting Komentar
Pembaca bijak ninggalin jejak, ada komentar? tulis aja...

 
Text Back Link Exchange
+ Follow This Blog